About

Rabu, 21 Mei 2014

PESONA INDAH SANG AIR TERJUN SIPISO-PISO





Setelah beberapa hari berdiam dirumah saja, duduk manis di depan TV sebari memegang remot konterol untuk mengganti cenel TV dan sesekali mengintip dari jendela keluar rumah, hujan yang sedari semalam belum juga berhenti. Mulai dari sineteron cengeng, berita gosip murahan dan debat kusir serta berita pelecehan seksual yang akhir-akhir ini menjadi bahan pembicaraan publik, habis kami lahap bersama adik saya. Sesekali kami berdepat ringan membahasnya sambil terkadang tertawa bersama. Hal ini kami lakukan bukan tidak ada sebab, semuanya karna kota Kabanje yang merupakan tempat kelahiran saya beberapa hari ini di guyur hujan, matahari yang biasanya terbit setiap pagi di upuk timur tidak berani menampakkan dirinya, yang terdengar hanya percikan air hujan yang jatuh mengenai atap rumah. Padahal sebelumnya kami sudah mengagendakan untuk berkunjung ke salah satu wisata alam air terjun sipiso-piso yang berada di Desa Tonggi Kecamatan Merek Kabupaten Karo.

Pagi itu Senin 12 Mei, cuaca tidak terlalu panas dan terlalu dingin di kota Kabanjahe, tampak beberapa tetangga sibuk mempersiapkan perlengkapan untuk beraktifitas pada pagi hari. Kota kabanjahe pagi itu sedikit cerah setelah beberapa hari diguyur hujan yang tak kunjung henti. Di sudut sebelah kanan rumah kami, seorang lelaki paruh baya sibuk mengasah parang dan cangkolnya, sesekali dia mengisap rokok keretek yang dia letakkan di sebelah kananya, lelaki berwajah agak keriput dan memakai topi itu tampak bersemangat untuk berangkat ke kebunnya pagi itu. Gunung Sinabung yang beberapa saat lalau menjadi pemberitaan media karna letusanya tampak terlihat jelas puncakknya dari depan rumah kami setelah diterpa matahari pagi.

Hari itu saya ditemani adik saya yang baru datang dari Kota Pekan Baru yang berkunjung ke Kabanjahe untuk liburan. Pagi itu kami sepakat untuk melakukan perjalaan menuju salah satu wisata alam yang ada di tanah tanak kelahiran saya Kabupaten Karo. Wisata yang kami tuju yaitu air terjun sipiso-piso dan danau toba yang berada di desa Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo. Setelah mempersipakan semua keperluam, maka kami beranjak meninggalkan kota Kabanjahe dengan menggunakan sepeda motor.

Sepanjang perjalaan terlihat kesibukan warga karo yang berada di perladangannya, yang ada di kanan dan kiri jalan, sebagian tampak membersihkan ladangnya dan sebagaian ada yang memanen hasil tanamanya. Perlanan kami pun di suguhi dengan pemandangan indah perladangan penduduk, tanaman kol, tomat, jagung dan tanaman wargra lainya tampak berbaris rapi di kebun warga. Udara segar dataran tinggi karo membuat perjalan kami semakin sempurna.

Sesekali kami mengurangi laju sepeda motor yang kami naiki, untuk sejenak melihat pemandangan perkebunan penduduk yang hijau dan aneka ragam tanaman warga, selain itu tampak jeruk yang merupakan hasil buah handalan Tanah Karo berwarna hijau kekuning-kuningan, bertanda jeruk tersebut sudah masak dan dapat di panen. Sepanjang perjalanaan kita akan mendapati Sebagian penduduk yang memiliki kebun jeruk di pinggir jalan, menawarkan sensasi  buah jeruk segar dengan petik sendiri bagi wisatawan.

Memasuki daerah merek tak henti-henti adik saya yang baru pertama kali ke daerah tersebut kagum dengan pemandangan kelok-kelok bukit barisan yang mengelilingi Desa Merek. Firman nama panggilan adik saya itu tercengang melihat keindahan alam tanah turang, “ mantap, kalau tahu kekgini pemandanganya sudah dari dulu aku kesini bang” tuturrnya berdecap kagum dengan pemandangan indah yang terhampar sepanjang jalan menuju air terjun sipiso-piso.

Memasuki desa merek kami disambut dengan udara yang semakin dingin seperti menusuk tulang sumsum dan hutan pohon ekaliptus yang menjulang tinggi kelangit biru. Memasuki daerah ini kami memutuskan untuk membeli nasi untuk nanti di santap di air terjun sebari menikmati indahnya pemandangan sipiso-piso.

Seteh melewati desa merek firman tampak semakin bertambah kagum melihat pemandangan danau toba yang berwarna biru dari penatapan merek. Setelah sampai di gapura pengutipan maka kami membayar ritribusi sebesar Rp 4.000,00/orang. Setelah sebelumnya kami kagum dengan pemandangan yang indah sepanjang perjalanan menuju air terjun, sejenak kami emosi melihat petugas yang mengutip retribusi ke objek wisata tersebut. Sebab setelah kami membayar tidak di berikan karcih masuk dengan menyuruh kami lewat saja.

Benar apa kata sahabat saya beberapa saat yang lalu, kalau petugas di sana banyak yang melakukan tugas dengan tidak profesional, kerena sepengetahuan saya berapa karcis yang dibayar maka segitulah besarnya uang yang harus di setorkan  Kedinas Pariwisata. Tapi nyatanya di lapangan banyak petugas yang tidak memberikan karcis kepada pengunjung maka uang tersebut masuk kedalam kantongnya. Beberapa saat setelah sedikit bercecok mulut dengan petugas maka kami pun memutuskan  meninggalkan petugas yang memakai baju berwarna hijau dan lengkap dengan atribut-atribut PNSnya itu.

Sekitar seratus meter dari gapura , maka sampailah kami di penatapan tongging. Dari gardu pandang penatapan tersebut tampak pemandangan air terjun Sipiso-piso yang jatuh membelah tebing-tebing batu cadas yang berada di kanan dan di sisi kiri air terjun. Menoleh ke kanan maka kita akan di sajikan pemandangan desa tongging dan danau toba yang indah. Setelah puas memadangi air terjun dari kejauhan, maka kami memutuskan untuk menuruni anak tangga menuju ke air terjun. Satu demi satu anak tangga kami turuni. Menurut salah seorang pejual makanan di sana, bahwa anak tangga yang terdapat dijalan menuju air terjun lebih kurang jumlahnya sebanyak 700 anak tangga.

Medan yang agak curam dan jalan yang sempit tidak menyurutkan niat kami untuk menyaksikan indahnya air terjun dari kedekatan. Sesekali kami berhenti sambil melihat indahnya air terjun dari kejauhan. Dengan berhati-hati kami melewati rute menuju air terjun, karna di sebalah kiri jurang menganga lebar. Di tengah perjalanan menuju air terjun jalan semakin sempit, sebagaian jalan ada yang longsor akibat hujan, selain itu tangga yang curam juga membuat kaki terasa bergetar menahan beban berat badan kami. Tak jarang banyak wisatawan yang hanya sampai di tengah perjalanan saja dan tak sanggung untuk melanjutkan perjalaan menuju air terjun.

Setelah sekitar tiga puluh menit kami berjalan mengalahkan tangga-tangga yang terjal dan curam, akhirnya kami sampai di air terjun. Suara gemuruh air yang jatuh dari tebing yang tinggi dan percikan-percikan air terjun yang mengenai wajah kami terasa sangat dingin dan mendamaikan hati. Lelah menuruni anak tangga terbayar sudah dengan panorama indahnya air terjuan.

Seorang lelaki paruh baya yang memakai kos yang berwarna agak kusam tampak marah-marah sambil membereskan gubuk tempat jualanya, yang diacak-acak pengunjung. Sambil sibuk membereskan gubuk dan barang dagangannya sekali-sekali dia memarahi pasangan dua sejoli yang lagi mengganti baju di kamar mandi darurat yang ada di samping gubuk lelaki paruh baya itu.

Ternayata lelaki paruh baya tersebut bermarga Saragi yang merupakan salah satu penduduk desa Paropo yang berjualan di air terjun, Saragi sudah sekitar satu tahun berjualan sendiri  dan tinggal digubuknya yang berada disekitar air terjun. “ baru sebentar saja ku tinggal ini, udah berserakan kek gini, pasti kalian yang acak-acak gubukku ini kan? Tanya saragi kepada pasangan dua sejoli yang lagi membereskan barang-barangnya.

Setelah saragi selesai memberseskan jualanya sebari duduk sambil mengisap rokok, dia berpesan kepada kami tentang pantangan kalau berada di air terjun, “kalau di sini jangan cakap kotor kalian terus kalau bawak cewek jangan melakukan hal-hal yang tidak senonoh di air terjun ini, kalau kalian langgar itu selesai lah kalian, kalau mau mandi gak apa-panya” terangnya kepada kami.
Menurut Saragih, banyak wisatawan baik yang dari dalam negeri maupun luar negeri datang menikmati pemandangan air terjun dari kedekatan, turis-turis bulek yang datang biasanya tidak belama-lama di bawah sini sekedar mendokumentasikan saja dan langsung naik lagi ke atas.

Satu kata buat air terjun Sipiso-piso “ Dasyat” tutur firman sebari mendokumentasikan indahnya air terjun dengan kamera polselnya. “ gak ada pula sinyal di sini bang, kalau ada biar ku unggah langsung ke FB ni bang, bair angek teman-temanku di Pekan Baru,” tuturnya sambil terkagum-kagum.

Firman tidak mau menunggu lama-lama untuk menikmati dasyatnya air terjun dari kedekatan. Dia memutuskan untuk mengganti pakaianya dan menitipkanya kepada warung Saragi, sedangkan saya hanya tersenyum melihat tingkahnya. Dia bergegas menikmati air terjun lebih dekat, sebelum sampai firman sudah diguyur percikan air terjun sehingga seluruh badanya basah.

Air terjun Sipiso-piso ini terletak di sebelah utara Danau Toba, sekitar 24 kilometer dari kota Kabanjahe. Air terjun ini merupakan yang tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian 120 meter. Dari informasi yang kami dapat air terjun Sipiso-piso tersebut berada di sekitar 800 meter di atas permukaan air laut. Air terjun itu deras mengalir ke bawah tampak memotong bukit-bukit hijau yang ditumbuhi pohon pinus.
Nama Sipiso-piso sendiri berasal dari kata piso (dalam bahasa karo)  yang artinya pisau. Derasnya air yang membelah bukit yang berketinggian di atas seratus meter ini diibaratlkan layaknya  pisau yang tajam yang membelah tebing curam yang berada di sisi kanan dan sisi kiri air terjun.

Setalah puas menikmati keindahan air terjun dan berendam sejenak di aliran air, maka kami memutuskan kembali naik keatas, tantangan sudah menunggu di depan mata kami, mendaki satu persatu anak tangga terasa berat sekali setelah tenaga dan setamina kami terkuras habis saat bermain air. Kalau turun kebawah kami hanya membutuhkan waktu  tiga puluh menit saja, pada saat keatas kami membutuhkan waktu satu jam lebih. Tapi dengan semangat kami memacu langkah kaki kami untuk menaklukkan satu-persatu anak tangga. 

12 komentar:

  1. It was another joy to see your post. It is such an important slot games at sands casino topic and ignored by so many, even professionals. I thank you to help making people more aware of possible issues. Great stuff as usual...

    BalasHapus
  2. This discussion unexpectedly takes my attention 918 kiss free credit to join inside. Well, after I read all of them, it gives me new idea for my blog. thanks

    BalasHapus
  3. Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303
    Menghadirkan IGpoker..

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
    1. Texas Poker
    2. Omaha Poker
    3. Domino QQ
    4. Ceme Keliling
    5. Bandar Ceme
    6. Capsa Susun
    7. Bandar Capsa
    8. BIG 2

    Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    BalasHapus
  4. Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303
    Menghadirkan IGpoker..

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
    1. Texas Poker
    2. Omaha Poker
    3. Domino QQ
    4. Ceme Keliling
    5. Bandar Ceme
    6. Capsa Susun
    7. Bandar Capsa
    8. BIG 2

    Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    BalasHapus
  5. Winning303 Arena Sabung Ayam Terpopuler yang menghadirkan Ayam Ras Juara dan Ras-ras Terkuat..Pertarungan yang sangat seru bakal di hadirkan disini...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain
    1. Sportbooks
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Poker Online

    Yang pastinya tidak kalah seru dengan permainan lainnya...
    cukup 1 User ID untuk semua permainan..Gak Pake Ribet...
    Kini tersedia via Pulsa Telkomsel dan Xl

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  6. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay & Via PULSA di Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  7. lovely article, nice pic, you sold wedding dress! 3win8 free credit but i kept that safe it's memorable for me.

    BalasHapus
  8. I guess there's always an easier mega888 hack
    way ...

    BalasHapus
  9. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  10. International Classification of Diseases by the planet Health Organization (WHO).The us Department of Health and Human Services (HHS) has adopted ICD-10 as a typical History of ICD-10 code under the insurance Portability and Accountability Act (HIPAA).The work on the event of ICD-10 began decades ago, and updates wont to occur once each decade.The discomfort regarding implementation continued even by the new date. However, finally, on October 1, 2015, ICD-10 became effective across the us.

    BalasHapus